Bisnis

7+ Peluang Usaha Peternakan yang Menjanjikan

Peluang Usaha Peternakan – Bagi Anda yang memiliki hewan ternak di rumah, jangan hanya memeliharanya saja, tetapi cobalah untuk menghasilkan uang dari hewan ternak tersebut. Salah satunya adalah dengan berbisnis atau berwirausaha.

Hewan ternak bisa dijual dan yang membutuhkan tidaklah sedikit. Pembeli biasanya membeli untuk dipelihara dan dijual kembali atau mengolahnya menjadi makanan untuk pribadi, keluarga, ataupun acara penting seperti akikah atau pernikahan.

Jangan tanya soal omzet dan keuntungan, di Indonesia sendiri khususnya di daerah pedesaan masih tersedia banyak lahan yang memungkinkan Anda untuk menjalankan bisnis peternakan.

Kesuksesan bisnis peternakan sudah dibuktikan oleh berbagai pebisnis muda. Salah satunya adalah Pri Menix Dey yang merupakan alumni fakultas peternakan Institut Pertanian Bogor.

Anak muda ini berhasil mendapatkan omzet hingga ratusan juta rupiah dengan beternak sapi, kerbau, kambing, domba, dan berbagai hewan ternak lainnya.

7+ Peluang Usaha Peternakan yang Menjanjikan

Teruntuk Anda yang ingin sukses berbisnis hewan ternak seperti Mas Menix? Dan ingin memulai usaha peternakan sampai mendapatkan keuntungan besar?

Anda bisa memilih salah satu dari peluang usaha bidang peternakan yang akan saya jelaskan pada konten berikut. Apa saja itu? Berikut rekomendasinya untuk Anda

1. Ternak Ayam

Ayam merupakan salah satu hewan yang bisa diternakkan bahkan peminatnya masih cukup banyak hingga saat ini. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, pada tahun 2017 jumlah konsumsi daging ayam per kapita mencapai 6,46 kilogram. Jauh lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.

Data tersebut menunjukkan ayam masih memiliki banyak sekali peminat yang membuat Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan lancar.

Yang Anda butuhkan hanyalah ayam, kandang, lahan, dan juga makanan untuk hewan tersebut. Jangan lupa untuk selalu merawatnya dengan baik sehingga dapat tumbuh sehat dan harga jualnya pun semakin tinggi.

Karena itu merupakan salah satu kunci keberhasilan dari bisnis yang satu ini. Bila Anda mempunyai pekarangan luas, bisa dicoba beternak ayam sampai memiliki banyak keturunan.

2. Ternak Ikan Lele

Rekomendasi usaha ternak selanjutnya yaitu ikan lele. Ikan yang biasa ditemukan di sungai ini bisa Anda budidayakan lalu dijual sehingga mendapatkan laba atau keuntungan.

Usaha ini sangat mudah dijalankan. Terlebih lagi kondisi iklim di Indonesia yang sangat memungkinkan ikan lele bisa bertahan hidup lebih lama.

Selain itu, peminat ikan lele juga sangat banyak dari berbagai unsur dan kalangan. Mulai dari peternak, pedagang ikan, masyarakat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Budidaya ikan lele tergolong sebagai usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil. Selain karena harga benih yang murah, membudidayakannya bisa dilakukan walau hanya menggunakan kolam terpal saja.

Anda bisa mendapatkan untung hingga jutaan rupiah apabila bisa membudidayakan ikan lele dengan sangat baik. Ikan yang sehat, harga jualnya pun pasti sangat tinggi.

3. Ternak Burung Puyuh

Memang burung puyuh peminatnya tak sebanyak ayam atau ikan lele, namun masih tetap termasuk salah satu peluang usaha peternakan yang menjanjikan. Daging burung puyuh banyak dicari oleh orang-orang golongan menengah ke atas, termasuk juga berbagai restoran elite dan ternama.

Permintaan dari tahun ke tahun cenderung meningkat. Biasanya burung puyuh dibutuhkan untuk diambil telur dan juga dagingnya. Fakta ini membuat peternak puyuh bisa menghasilkan omzet yang sangat besar.

Bukan hal mustahil mendapatkan omzet hingga miliaran rupiah dalam menjalankan usaha ternak satu ini. Berbekal ongkos produksi Rp 300 per butir, maka omzet telur puyuh mencapai Rp 1,2 miliar per harinya.

4. Ternak Bebek

Salah satu peluang bisnis peternakan yang menjanjikan di masa kini adalah dengan beternak bebek. Walau peminatnya tak sepopuler daging ayam, namun bebek tetap memiliki tempat tersendiri di hati penikmatnya.

Bebek dinikmati karena rasanya yang khas. Selain itu, rasanya juga lezat tak tertahankan sehingga wajar saja jika harga jualnya sangat tinggi, bahkan melebihi harga daging ayam.

Dengan begitu, apabila Anda bisa menjalani roda bisnis ini dengan sebaik mungkin maka omzet dan laba yang didapat pasti sangatlah besar. Jangan lupa untuk selalu memberikan perawatan terbaik kepada si bebek agar bisa berkembang dalam kondisi yang sangat sehat

5. Ternak Kambing

Rekomendasi peluang usaha peternakan selanjutnya yaitu beternak kambing baik di kandang khusus maupun di tanah lapang. Permintaan daging kambing tergolong sangat tinggi, apalagi dagingnya biasa digunakan pada berbagai acara penting seperti pernikahan, akikah, tahlilan, dan lain sebagainya.

Berdasarkan data dari Kementerian Pertanian, tren konsumsi daging kambing selama 10 tahun terakhir cenderung meningkat 1,44 persen per tahun. Dan hal ini merupakan fakta yang bagus bagi Anda para peternak kambing.

Anda bisa memulainya dengan modal sekitar 10 jutaan. Memang modalnya sangat besar, akan tetapi bisnis ini tetap menjanjikan karena pasarnya luas, cepat menghasilkan keturunan, dan juga biaya pemeliharaannya yang murah.

Beberapa jenis kambing terbaik yang bisa Anda ternakkan yaitu kambing etawa, kambing jawa randu, kambing kacang, kambing gibas, dan lain sebagainya. Oh ya, pastikan kambing Anda tidak merusak pemukiman warga ya.

6. Ternak Jangkrik

Salah satu usaha ternak kreatif yang bisa Anda jalankan adalah membudidayakan jangkrik. Hewan ini bukanlah hewan biasa, karena pada umumnya orang membelinya bukan karena ingin dikonsumsi melainkan untuk dijual ke peternak atau pecinta burung kicauan.

Ternak jangkrik juga merupakan budidaya yang menjanjikan tanpa harus mengeluarkan modal besar. Cukup bermodalkan 1 jutaan saja, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar dari usaha ternak satu ini.

Omzet yang bisa Anda dapatkan mencapai 500 juta seperti yang dialami oleh Bambang Setiawan, seorang alumni Institut Teknologi Bandung. Asal dikelola dengan baik, mendapatkan omzet besar dari ternak jangkrik bukanlah sesuatu yang mustahil.

7. Ternak Kelinci

Jika Anda ingin memulai usaha ternak modal 300 ribu, maka kelinci adalah jawabannya. Sekarang harga kelinci umur 1 bulan sekitar 30 ribu per ekornya, sehingga dengan uang 300 ribu Anda bisa beternak dengan 10 ekor kelinci.

Diperlukan teknik marketing yang bagus untuk memasarkan kelinci ke calon konsumen. Pasalnya kelinci hanya digemari oleh kalangan tertentu saja sehingga perlu dilakukannya riset pasar terlebih dahulu sebelum memulainya.

Jika Anda belum bisa membuat kandang yang bagus untuk kelinci, untuk permulaan ternak kelinci dapat dilakukan di sekitar rumah Anda. Jadi, Anda tidak akan sulit membudidayakannya.

8. Ternak Ikan Hias

Teruntuk Anda yang gemar memelihara ikan, peluang usaha peternakan yang satu ini bisa Anda jalankan. Berbeda dengan ikan lele yang dibeli untuk dimakan, ikan hias biasanya dibeli untuk dipelihara pada akuarium.

Selain menggunakan akuarium, memelihara ikan hias juga bisa menggunakan kolam khusus dengan ukuran yang menyesuaikan jumlah ikan. Dan yang menarik lagi, budidaya ikan tetap dapat Anda jalankan walau dengan modal terbatas.

Keuntungan bulanannya mencapai 6 juta rupiah membuktikan usaha ternak ikan hias memang sangat menjanjikan. Beberapa jenis ikan yang bisa Anda pelihara antara lain yaitu ikan cupang, mas koi, arwana, guppy, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Akhir Kata

Demikian ulasan lengkap mengenai peluang usaha peternakan yang menguntungkan dan menjanjikan. Semua harus dimulai dari sekarang kalau Anda memang ingin merasakan keuntungan dari bisnis satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button