Bisnis

9+ Peluang Usaha Pertanian Yang Menguntungkan

Peluang Usaha Pertanian – Tak banyak yang tau, sektor pertanian dapat dijadikan ladang bisnis dengan omset dan keuntungan yang besar jika dikelola dengan sebaik mungkin. Usaha ini pada umumnya dilakukan di pedesaan karena ketersediaan lahan yang masih mencukupi .

Meski ditengah pandemi Covid 19 seperti saat ini, bisnis pertanian masih tetap bisa menghasilkan banyak keuntungan. Menurut data dari Badan Pusat Statistik September 2020, pertanian bukan merupakan salah satu dari enam sektor yang paling terdampak pandemi virus corona.

Jadi, tidak ada alasan bagi siapa pun untuk tidak bisa mengembangkan bisnis di bidang pertanian. Bahkan, dengan teknologi yang serba modern seperti saat ini, segalanya semakin mudah untuk dijalankan.

9+ Peluang Usaha Pertanian Yang Menguntungkan

Bingung mau menjalankan usaha pertanian yang bagaimana? Tak perlu bingung, berikut ini saya berikan macam-macam usaha pertanian dengan untung maksimal dan modal minimal. Mari disimak.

1. Jual Bibit Tanaman

Contoh usaha pertanian yang pertama adalah menjual bibit tanaman. Sudah pasti, bibit sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang ingin menanam tanaman, apapun itu baik buah-buahan maupun sayur-sayuran.

Bisnis ini cukup mudah dijalankan karena bisa dilakukan hanya dari rumah saja. Selain itu, tak hanya masyarakat desa, masyarakat kota pun juga bisa menjual bibit tanaman.

Sebelum memulai, alangkah lebih baik jika Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengetahui tanaman apa yang menjadi favorit bagi masyarakat setempat.

Bisnis jual bibit tanaman memang untungnya tidak terlalu besar, namun apabila Anda berhasil menjualnya dalam jumlah besar keuntungannya pun pasti semakin bertambah.

2. Jual Pupuk Organik

Selain bibit, pupuk juga dibutuhkan untuk bercocok tanam. Utamanya pupuk organik yang jauh lebih sehat daripada pupuk kimia.

Anda bisa menjual berbagai jenis pupuk organik dengan racikan yang berbeda-beda sesuai dengan tanamannya. Di perkotaan, harga jual pupuk ini sangat tinggi sehingga laba yang Anda dapatkan sangat besar.

Jika memang belum punya modal yang besar, tak perlu bingung. Bisnis ini bisa dimulai dari skala rumahan kok, sehingga modal yang Anda butuhkan tidaklah terlalu besar.

3. Budidaya Rempah-Rempah

Peluang usaha pertanian yang menguntungkan selanjutnya adalah mengembangkan bisnis budidaya rempah-rempah. Pangsa pasarnya tak hanya di dalam negeri saja, bahkan bisa sampai ke luar negeri.

Jika Anda masih ingat, bertahun-tahun silam penjajah datang ke Indonesia, salah satu alasannya karena rempah-rempah. Dan sampai saat ini, rempah masih dibutuhkan baik oleh orang Indonesia maupun luar negeri.

Yang paling terpenting, Anda bisa menjaga kualitas tanaman rempah yang dibudidayakan. Jangan sampai mengecewakan, agar Anda terus mendapatkan repeat order dari pembeli.

Dan memang bisnis ini benar-benar sangat menguntungkan. Sudah dibuktikan oleh Adi Pramudya, pria berusia 22 tahun yang sukses membudidayakan berbagai rempah dapur dengan omzet hingga ratusan juta rupiah.

4. Budidaya Tanaman Hias

Budidaya tanaman hias merupakan salah satu pilihan bisnis pertanian 2020. Memang tanaman yang dibudidayakan hanyalah hiasan sesuai namanya, akan tetapi peminatnya sangat banyak terutama untuk kaum hawa.

Beberapa contoh tanaman hias yang bisa Anda budidayakan antara lain yaitu bunga anggrek, bunga mawar, bunga matahari, bunga melati, bunga kamboja, dan masih banyak lagi yang lainnya. Saya sarankan untuk menjual tanaman hias yang sedang booming karena harga jualnya yang sangat tinggi.

5. Budidaya Tanaman Obat

Tanaman obat merupakan tanaman yang telah teruji secara klinis bisa mencegah ataupun menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu. Contohnya yaitu jahe, kumis kucing, lengkuas, daun sirih, lidah buaya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jangan ditanya soal keuntungan dan omzet dari menjual tanaman obat, tanaman jenis ini memiliki tingkat permintaan yang terbilang sangat tinggi. Steve Stanley, pemilik usaha tanaman hias obat Kebun Bibit di Malang, Jawa Timur mengatakan permintaan tanaman obat hingga sekarang sudah mencapai 2 juta orang per tahun

Trennya cenderung stabil, dan memang obat selalu dibutuhkan terutama bagi orang-orang yang sedang sakit. Jadi, tanaman ini akan selalu dibutuhkan sampai kapan pun.

6. Membuka Warung Jus

Bisnis warung jus merupakan salah satu bisnis pertanian modal kecil yang bisa Anda jalankan. Jika warung jus lain, mendapatkan buah dengan membeli maka Anda mendapatkannya langsung dari kebun yang dikelola sendiri.

Hal ini membuat modal yang dikeluarkan menjadi tidak terlalu besar. Dengan begitu, keuntungan yang Anda dapatkan pasti jauh lebih besar.

Jus adalah minuman sehat dengan rasa yang nikmat. Peminatnya pasti banyak dari semua kalangan, baik itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

7. Menjual Alat Pertanian

Peluang usaha pertanian tidak hanya menjual tanaman saja, tetapi juga menjual alat-alat yang digunakan untuk menanam tumbuhan tersebut. Contohnya yaitu cangkul, traktor, roda, sekop, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebelum membuka toko alat pertanian yang besar, Anda bisa memulainya dari skala kecil terlebih dahulu. Bisnis bisa dimulai dari rumah saja namun tetap menghasilkan banyak keuntungan.

8. Jasa Konsultan Pertanian

Tidak semua SDM di Indonesia paham mengenai pertanian, tidak semua tau bagaimana cara menanam dan merawat tanaman yang baik. Fakta inilah yang bisa Anda jadikan peluang usaha yakni dengan menjadi jasa konsultan pertanian.

Anda bisa membuka jasa konsultasi untuk membantu para petani agar bisa meningkatkan kualitas panen tanaman mereka. Bisnis ini sangat cocok dijalankan bagi Anda seorang sarjana pertanian.

Alternatif lain, bisa dengan menawarkan alat pertanian yang lebih canggih dari yang mereka miliki saat ini. Anda bisa bekerjasama dengan toko pertanian terpercaya untuk menyediakan alat-alatnya.

9. Budidaya Sayuran Hidroponik

Sayuran hidroponik merupakan sayuran yang tumbuh berkat bantuan mineral yang diperlukan oleh sayuran untuk bisa tumbuh. Sayuran hidroponik jelas berbeda dengan sayuran biasa, termasuk soal harga jualnya.

Bisnis sayuran hidroponik sangat cocok dijalankan untuk Anda yang tidak memiliki lahan luas. Namun meski begitu, harga jualnya jauh lebih tinggi dari sayuran konvensional sehingga income yang didapatkan jauh lebih besar.

Modal yang dibutuhkan untuk budidaya tanaman ini tidaklah terlalu besar, Anda hanya perlu menyiapkan dana sebesar 1-1,5 juta rupiah untuk memulai membuat sayuran hidroponik. Dengan ukuran 1×4 meter hanya menghabiskan dana 1,5 juta saja.

10. Pengepul Padi

Peluang usaha pertanian yang satu ini sering dianggap sebelah mata. Padahal keuntungan yang didapat tak kalah besar dengan usaha sejenis lainnya.

Semua diawali dengan mengumpulkan padi-padi kering dari petani lokal. Selanjutnya, Anda bisa menjualnya lagi ke pabrik penggilingan padi dengan harga tinggi.

Selain itu, padi kering itu juga bisa Anda olah menjadi beras dan menjualnya ke perusahaan bulog. Harga jualnya cukup tinggi sehingga keuntungan yang didapatkan juga semakin besar.

Akhir Kata

Itu dia berbagai peluang usaha pertanian dengan modal kecil untung maksimal. Yang tidak kalah penting adalah Anda harus bisa melakukan pemasaran dengan sebaik mungkin agar semakin banyak orang tertarik membeli tanaman yang Anda jual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button